GATE VALVE

Tanggal :2/5/2021 8:15:00 AM Penulis : Martin Pringatten

Gate Valve adalah salah satu jenis sambungan/fitting pada sistem instalasi pemipaan atau yang biasa kita kenal dengan Plumbing.

 

Fungsi dari Gate Valve ini hanya untuk memblokir dan meneruskan aliran (flow), sehingga tidak cocok bila digunakan untuk mengontrol debit aliran, jadi posisi Gate Valve ini harus benar benar terbuka (fully open) atau benar-benar tertutup (fully close). Jika posisi setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada aliran tersebut dan turbulensi ini akan menyebabkan :

·         Akan terjadi pengikisan sudut-sudut gate.
Laju aliran fluida yg turbulensi ini dapat mengikis sudut-sudut gate yang dapat menyebabkan erosi dan pada akhirnya valve tidak dapat bekerja secara sempurna.

·         Terjadi perubahan pada posisi dudukan gerbang penutupnya.
Gerbang penutup akan terjadi pengayunan terhadap posisi dudukan (seat), sehingga lama kelamaan posisi nya akan berubah terhadap dudukan (seat) sehingga apabila valve menutup maka gerbang penutupnya tidak akan berada pada posisi yang tepat, sehingga bisa menyebabkan passing.

 

1.    Cara Kerja Gate Valve

 

Cara pemasangan jenis Gate Valve secara prinsipnya sederhana, dengan menggunakan 2 konektor berulir (threaded) atau dengan 2 flange yang disambungkan ke sistem pipa.

Sedangkan cara kerja Gate Valve, jika pegangan (handle) diputar, bagian bonnet bergerak naik ke atas konektor dengan area stopping wedge merubah dengan memaksa gerakan menjadi naik dan turun. Handle yang menaikkan dan menurunkan stopper menempati ruang bonnet.

Saat handle diputar, maka stopper bergerak di dalam valve. Stopper masuk kedalam ruang dimana cairan melewatinya. Pada posisi buka atau tutup, valve jenis ini bisa dikenali berdasarkan tinggi rendahnya handle (pegangan). Jika posisi handle rendah berarti valve dalan kondisi terbuka, dan jika handle tinggi maka valve dalam kondisi tertutup.

Casing valve yang sedikit lebih lebar dari pipa yang tersambung memungkinkan stopper menutupi ruang aliran dan membuatnya benar-benar tertutup.

 

2.    Pemakaian Gate Valve

Gate Valve sering dipasang pada instalasi dengan temperatur dan tekanan tinggi misalnya dalam sistem perpipaan :

 

·         PDAM / Pengolahan Air / Plumbing

·         Sistem Pemadam / Fire Hydrant

·         Sistem Perkapalan

·         Dll,

 

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Ingin menghubungi kami?
Klik tombol dibawah
Logo IDT
Chatbot